Pages

Rabu, 05 Maret 2014

Terminal Terintegerasi MANGGARAI

2014 dan wacana ini baru muncul, hello... kemana aja Pemda dan Pemkot?? Yaa emang lebih baik terlambat daripada enggak sama sekali. Give Applause dulu sama Dinas Tata Ruang, Dinas Perhubungan, & Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta. Wajah Terminal Manggarai udah bagus, yaa sedikit terlihat lebih indah menonjolkan fungsi estetika bangunan.



Perencanaan transportasi memang sangat dibutuhkan di daerah ibukota mengingat kemacetan menjadi problema (daily problem). Salah satu penerapan produk perencanaan transportasi adalah terminal terpadu, atau sekarang yang lebih up to date terminal terintegerasi. Terminal yang menjadi pusat aktivitas penghubung menjadi sangat efektif bila dikelilingi oleh lokasi/tempat yang berkesinambungan sehingga membentuk sebuah kawasan terintegerasi.

Terminal Manggarai, Terminal yang terintegerasi oleh TransJakarta dan Stasiun Manggarai juga terhubung dengan Mal dan bangunan sekitar. Pengguna commuter line dapat langsung menuju terminal dengan hanya menyebrangi jembatan penghubung (dalam koordinasi dengan PT. KAI) dan tidak harus keluar pintu stasiun terlebih dahulu, begitu juga yang ingin ke bangunan sekitar tidak perlu untuk keluar ke jalan raya cukup memilih jembatan penghubung yang tepat.

Terminal terkenal dengan kesemrawutannya, untuk itu pengelola terminal memutar otak mensiasati  agar wajah terminal Manggarai ini lebih modern, aman, dan tidak berantakan. Caranya yakni dengan menyediakan foodcourt dan eskalator agar para pengguna angkutan umum tidak berjalan di tengah keramaian kendaraan umum yang hilir mudik di dalam terminal, cukup menggunakan jembatan penghubung. Penertiban terhadap PKL dan tukang ojek tentunya juga dilakukan agar tidak mengganggu operasional terminal. (JANGAN ADA YANG DIRUSAK DAN DICORET2 YA!)

Usaha ini merupakan usaha Pemprov DKI Jakarta dalam meningkatkan pelayanan publik dalam bidang transportasi umum yang terus menerus dikaji dan diperbaiki demi penggunaan transportasi massal yang sukses di beberapa negara tetangga.

Selain Terminal Manggarai, selanjutnya Terminal Bus Pasar Senen, Jatinegara, Pasar Minggu, Jakarta Kota, dan Tanjung Priok. Tidak kalah saing Pemkot Bogor juga menerapkan integrated site plan untuk Terminal Baranangsiang yang akan dibuat kawasan terintegritas, maka dari itu untuk sementara waktu fungsi Terminal Baranangsiang (Bogor) dialhikan ke Terminal Bubuak dan Wangun.

Semoga Indonesia Menjadi Lebih Baik Lewat Wajah Kotanya :)

0 komentar:

Posting Komentar