Pages

Kamis, 06 Maret 2014

Peran Jembatan Ampera Si Merah Menawan

Jembatan mana sih yang paling ngehits di Indonesia selain jembatan Ampera. FYI aja jembatan ini ada di Kota Palembang, udah tau lah yaa. Jembatan ini merupakan penghubung antara bagian Ulu dan Ilir Kota Palembang, paling gak masyarakat sana emang nyebutnya Ulu dan Ilir. Dihubungkan karena ditengahnya mengalir Sungai yang sempat berjasa atas Kerajaan Sriwijaya yaa siapa yang gak kenal sama Sungai Musi. Ga cuma sebagai penghubung aja, Jembatan Ampera juga punya banyak peran lainnya terutama bagi Kota Palembang sendiri.

Ga bertele - tele coba kita liat apa ajasih peran yang bisa dilakukan oleh sebuah jembatan bagi perkembangan kota.



Doeloe Poenya

Jembatan Ampera sebagai penghubung tentunya memiliki fungsi dalam segi ekonomi-sosial karena menunjang banyak sekali kegiatan - kegiatan ekonomi dan sosial. Sama seperti Tower Bridge di Kota London, dulu di bawah Jembatan Ampera yang bisa terbuka ke atas banyak sekali kapal - kapal yang lewat (bahkan sampai saat ini, hanya saja ukuran kapalnya yang lebih kecil). Terbayang betapa krusialnya peran Jembatan Ampera di masa lalu sehinnga membuat Kota Palembang menjadi salah satu kota Internasional di Indonesia. Namun sekarang penggunaan Jembatan Ampera sebagai penghubung sedang diusahakan untuk dihentikan demi melindungi jembatan paling bersejarah di Indonesia ini.

Sayangnya karena populasi kendaraan darat meningkat, jembatan angkat sudah tidak lagi digunakan dan dinonaktifkan sejak 1970 dan dulu pernah menjadi jembatan terpanjang se-Asia Tenggara.
Jembatan Ampera Night Mode

Benar jika langkah pemerintah menghentikan fungsi utama jembatan ampera, karena sesungguhnya peran dan nilai pariwisata dari jembatan ini sangat potensial jika terus dirawat dan dipromosikan. Estetika dan orisinalitas yang dibawa oleh jembatan ini terutama saat malam sangat lah menawan, mencolok, dan mencengangkan. Oleh karena itu pemerintah juga sedang berusaha meneruskan pembangunan Jembatan Musi IV dan VI agar Jembatan Ampera dapat fokus sebagai ikon Kota Palembang dan menghentikan aktivitas kendaraan bermotor.  Potensi Jembatan Ampera juga sangat didukung oleh lokasi dan tempat di sekitarnya. Masjid Agung Palembang yang megah dan terkenal juga sebagai salah satu Mesjid Nasional dari 3 Mesjid Nasional di Indonesia. Terdapat pula Pasar 16 Ilir dan Pasar Cinde tidak jauh dari Jembatan Ampera ini. Benteng Kuto Besak dan Museum Sultan Mahmud Baddarudin II yang sangat historis dan dapat menumbuhkan rasa nasionalis kita. Di sepanjang aliran Sungai Musi dekat Jembatan Ampera juga terdapat Restoran 'Terapung'. Apalagi ditambah sensasi Pempek Khas Palembang yang menggiurkan. Pasti kunjungan ke Palembang akan lengkap dan sangat memuaskan.

0 komentar:

Posting Komentar